Seragam Baju Batik Pria dan wanita

Posted by

Seragam Baju Batik

Kalinggo Batik
Produsen spesialis seragam batik, seragam batik sekolah, seragam batik kantor, seragam batik komunitas, seragam batik printing dan seragam batik tulis dengan motif batik dan logo yang anda inginkan.


seragam baju batik
Seragam Baju Batik


Batik tidak hanya digunakan untuk acara formal saja, batik pun bisa di gunakan untuk terlihat casual sehingga nyaman untuk siapa saja yang menggunakannya. Banyak orang masih beranggapan kalau batik hanya bisa digunakan untuk acara formal saja, sehingga banyak anak muda enggan memakainya untuk kegiatan sehari-hari.

Batik Solo sering menggunakan warna sogan yaitu warna kombinasi seperti kombinasi warna coklat muda, coklat tua, coklat kekuningan, coklat kehitaman, dan coklat kemerahan. Selain itu, warna batik Lasem didominasi warna khas pesisir yaitu kombinasi merah, kuning, biru, dan hijau. Oleh karena itu, Sejarah batik Solo tidak terlepas dari pengaruh Keraton. Mengenal Sejarah Batik Solo, sudah barang tentu tidak bisa terlepas dari kota Solo. Batik yang berasal dari kota Solo maupun Jogjakarta oleh para pencinta busana batik disebut dengan Batik Kasultanan dengan ciri khas warna yang digunakan adalah warna biru, coklat dan putih. Warna biru melambangkan bumi, warna coklat melambangkan api sedangkan warna putih melambangkan angin dan air. Batik Sogan Adalah salah satu jenis batik bernuansa klasik dengan warna dominan variasi dari warna coklat. Biasanya sogan Yogya dominan berwarna coklat tua-kehitaman dan putih, sedangkan sogan Solo berwarna coklat-oranye dan coklat. Batik Sogan Yogya dan batik Solo juga dapat dibedakan dari warnanya.

Ciri khas lain pada batik Solo adalah warnanya. Masing-masing warna pada kain batik Solo Surakarta memiliki arti filosofi tersendiri. Walaupun ada batik pesisiran yang lebih dinamis baik warna maupun motifnya yang kontemporer dan eksotis. Ciri khas batik solo yang paling banyak biasanya menggunakan warna sogan. Dinamakan batik sogan karena pada awal mulanya, proses pewarnaan batik ini menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon soga tingi. Sebagaimana mengilhami nama kotanya: asem arang (pohon asem yang letak pohonnya jarang-jarang-Red). Batik Jlamprang adalah salah satu motif batik Pekalongan yang populer dan telah diabadikan menjadi salah satu nama jalan di Pekalongan. Kain batik yang diidentikkan sebagai kain Nusantara, Saat ini berkembang menjadi industri modern.
Karena ciri khas inilah batik Solo telah terkenal sampai ke mancanegara dan memiliki nilai jual yang tinggi, bahkan menjadi salah satu sektor expor andalan dari para pengrajin batik Solo. Para pengrajin Batik Solo pernah mencapai kejayaannya pada tahun 1970an. Dan sampai sekarang, Batik Solo tetap ada dan masih memiliki ciri khas yang sama dan memiliki daya jual yang tinggi. Perkembangan batik yang mengikuti perkembangan zaman dari tahun ke tahun akhirnya menunjukkan dinamika beragam. Organisasi ini menunjukkan eksistensi masyarakat pribumi Jawa Islam di tengah kekuasaan kolonial Belanda. Karena lekatnya dengan budaya Jawa, Solo memiliki slogan The Spirit Of Java sebagai tekad untuk melestarikan budaya Jawa. Demikian artikel tentang sejarah batik Solo, semoga dengan membaca artikel ini kita dapat memahami bagaimana rumitnya dan uniknya Batik Solo Sehingga diharapkan dapat menjaga dan melestarikan salah satu budaya bangsa Indonesia. Karena letaknya di provinsi Jawa Tengah, kota Solo termasuk kota yang sangat lekat dengan budaya Jawa.

Jl. Gunung Slamet NO 6 Talang baru,banaran SOLO.
Phone office +62271- 714245
Hp +6281228258897


jasa pembuatan website solo
Blog, Updated at: 12:13 PM

0 comments :

Post a Comment

Post a Comment

Translate

Page view

Seragam Batik Solo

Popular Posts

Powered by Blogger.