Batik Seragam

Posted by

Batik Seragam

Seragam Batik Solo
Kalinggo Batik
Jl. Gunung Slamet NO 6 Talang baru,banaran SOLO.
Phone office +62271- 714245
Hp +6281228258897

Ada pertanyan dari sebuah website ini mengenai proses pembuatan batik printing. Dan salah satu penjawab, menjawab seperti berikut :

seragam batik
Proses Pembuatan Seragam Batik


Siapkan desain dalam ukuran satu bahan, kurang lebih ukuran 2 x 1 meterCetak film desain dalam plankan (plankan yang digunakan untuk batik, pori-porinya lebih besar dibandingkan dengan plankan yang biasa digunakan untuk spanduk atau kaos).Jumlah plankan yang dibutuhkan adalah sesuai dengan jumlah warna yang akan digunakan.Siapkan kain mori dasar yang akan disablon, dengan posisi kain mori yang kencang.Letakkan plankan di atas kain, lalu tuangkan pewarna dan tarik pewarna dari ujung plankan ke ujung plankan lainnya dengan valet.Keringkan kain mori yang telah diberikan warna.Ulangi langkah di atas, untuk setiap perbedaan warna dan desain.

Jawabannya benar.
Tetapi perlu ditambahkan bahwa setelah selesai dengan pemrintingan pada kain mori yang sudah sesuai dengan design perlu dikeringkan..setelah dikeringkan..warna pada kain mori yang sudah diprinting menjadi sebuah batik printing yang sesuai dengan design.. perlu DIKUNCI warnanya..biasanya disebut penguncian warna..seperti gambar dibawah ini
Seragam batik
Penguncian warna proses pembuatan seragam batik

Untuk printing Manual..,Mengalami shading dsb adalah kendala terberat.. karena printing manual menggunakan Sumber Daya manusia 80% ..dan Human error pasti terjadi..,jadi kenapa harga printing manual atau tradisional printing lebih mahal daripada Printing mesin..? karena printing manual hebatnya pada para pahlawan yang mengerjakan proses batik printing manual tersebut sedangkan batik printing mesin 90% yang berperan serta adalah Mesin printing!











jasa pembuatan website solo
Blog, Updated at: December 06, 2014

0 comments :

Post a Comment

Post a Comment

Popular Posts

Batik Kalinggo. Powered by Blogger.

Search This Blog